Wednesday, March 2, 2011

Persib Proses ITC Radovic Dan Matsunaga





foto persib bandung radovic dan matsunaga
Walau sudah resmi bergabung dengan Persib setelah menandatangani kontrak setengah musim, dua pemain anyar Persib, Miljan Radovic dan Shohei Matsunaga masih menunggu proses pengesahan dari Badan Liga Indonesia untuk dapat bermain menghadapi Semen Padang hari sabtu (5/3) depan.
“Saat ini kita sedang mengusahakan proses penerbitan International Transfer Certificate (ITC) yang memerlukan konfirmasi dari klub lama mereka,” ujar sekretaris tim Persib, Yudiana di stadion Siliwangi.
Yudiana menjelaskan bahwa proses penerbitan ITC ini biasanya memerlukan beberapa hari karena membutuhkan bantuan dari tiga organisasi sepakbola yaitu PSSI, FIFA, dan federasi sepak bola negara dimana klub terakhir sang pemain berada. Dalam hal ini adalah FSCG (Montenegro) dan JFA (Jepang).
Formulir verifikasi di website resmi FIFA sendiri sudah diisi oleh Persib sejak hari Jumat kemarin sebagai salah satu syarat yang harus dilalui untuk pengajuan proses penerbitan ITC tersebut. Jika seluruh surat-surat administrasinya lengkap, Yudiana mengatakan tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk federasi sepak bola Montenegro dan Jepang untuk mengeluarkan ITC. Sebab yang ia tahu, kedua pemain tersebut berstatus free transfer sehingga lebih mudah untuk mengurusi surat-surat kepindahannya. “Berbeda kasus dengan saat Persib membeli seorang Shahril Ishak karena waktu itu status Shahril masih milik klub di Singapura,” jelas Yudianya yang sudah lupa berapa nilai transfer Shahril ke Persib saat itu.
Yang membuatnya khawatir justru keadaan di PSSI saat ini. Jika ITC sudah didapat, maka proses pengesahan Miljan dan Matsunaga selanjutnya sebelum mereka dapat dimainkan adalah pengesahan dari Badan Liga Indonesia.
Seperti yang gencar diberitakan hari-hari belakangan ini, kantor PSSI sendiri sedang diduduki oleh suporter se-Indonesia sebagai bentuk protes atas masih majunya Nurdin Halid sebagai calon ketua umum PSSI. “Tapi saya percaya masalah pengesahan ini akan cepat ditanggapi oleh BLI karena ini terkait dengan kredibilitas mereka sendiri sebagai badan pengelola Liga Super Indonesia,” tutur pria berjanggut ini.
Sementara untuk jadwal Piala Indonesia, Yudiana mengungkapkan pihaknya sudah menerima kabar bahwa kompetisi tersebut akan digelar mulai bulan mei. “Babak 32 besar kabarnya akan digelar pada tanggal 12 mei. Mungkin BLI menunggu kompetisi Liga Utama selesai dulu sehingga dapat menentukan tim-tim dari Liga Utama yang berhak ikut babak pertama tersebut,” sambungnya.
Sementara itu, Miljan Radovic mengungkapkan alasannya memilih nomor 58 sebagai nomor punggungnya di Persib. “Saya sudah 16 tahun bermain sepak bola. Delapan tahun pertama saya memakai nomor 5, lalu delapan tahun berikutnya saya memakai nomor punggung 8. Maka sekarang di Persib saya memakai nomor 58, gabungannya,” ucap Miljan sambil tersenyum.

No comments:

Post a Comment